Minggu, 04 April 2010

ASAL USUL BAHASA PASCAL

niklaus wirth, seorang profesor di Technical University Zurich, Switzerland, mulai menyusun Bahasa Pascal sejak akhir tahun 1960. Polanya berakar dari Bhsa Algol 60 di Eropa, dimaksudkan dan dibentuk untuk mengajar bahasa pemrograman komp.

Setelah berusaha sekitar 10 tahun maka compiler Bahasa Pascal pertama sudah dapat mulai bekerja di komp. pada tahun 1970. Karena pada waktu itu CRT display sangat langka dan bukan merupakan sarana yang biasa untuk menyunting program, maka Bahasa Pascal dirancang tidak untuk menggunakan CRTdisplay.

Akibat kemampuan interaktif Bahasa Pascal terhadap pemrogram pada waktu itu terbatas sekali,demikian pula kemampuan memproses lintas data juga sangat kurang.

Meskipun demikian pola dan susunan Bahasa Pascal yang diciptakan niklaus wirth itu melahirkan bentuk bahasa pemrograman komp yg edukatif n dinamakan Standard Pascal.

Definisi Standard Bahasa Pascal dimuat dalam buku karangan Jensen n Wirth bernama Pascal User Manual n Report. Report kemudian direvisi mnjdi Revised Pascal User Manual n Report.

Tahun 1972 pelbagai perusahaan komersial mlhat unsur panduan kemampuan edukatif n komersial yg terdapat dlam Bahasa Pascal. Kemudian mereka mulai menyusun compiler Bahasa Pascal yg dlngkapi dg kemampuan proses lintas data (I/O operation), terutama interaksi komunikasi pengguna dg CRT display n keyboad.

Semenjak itu Bahasa Pascal mulai menjdi bhsa yg interaktif, terutama apabila di gunakan di mikrokomputer, sehingga memiliki paduan unsur komersial n edukatif yang tinggi.

namun Niklaus Wirth tidak gembira thd pengembangan Bhs.Pascal krn mengurangi porbilitasnya shg Niklaus Wirth mengembangkan Bhs.MOdula-2.

Pelbagai compiler Bhs.Pascal berlomba di implementasikan agar sesuai dgn jenis perangkatkomp yg digunakan. Jenis" yg diterapkan di mikrokomp tsb,antara lain adalah :
  • PRO PASCAL versi 2.14 untuk IBM PC produk Prospero Software, Igggris
  • UCSD PASCAL versi 4.2.1 untuk IBM PC produk Pecan Software System, Amerika
  • Microsoft PASCAL Compiler versi 3.31 untuk IBM PC produk Microsoft Corp
  • ProfessionalPASCAL versi 2.5 untuk IBM PC produk Metaware Inc, Amerika
  • TURBO PASCAL versi 4.0 untuk IBM PC produk Borland Internasional, Amerika
  • TURBO PASCAL versi 5.0 untuk IBM PC produkBorland Internasional, Amerika
Hingga akhir tahun 1986 dimana dominasi IBM PC dan mikrokom yg kompatibel sudah merata di seluruh dunia, terdapat 5 jenis Bhs.Pascal yg sangat populer untuk digunakan di IBM PC or mikrokomputer yg kompatibel. Jenis itu adalah PRO PASCAL versi 2.14, UCSD PASCAL versi 4.2.1, MICROSOFT PASCAL versi 3.31, Professional PASCAL versi 2.5, dan TURBO PASCAL versi 3.0

TURBO PASCAL versi 3.0 adalah yang terbanyak penggunanya hingga awal tahun 1987. Namun keterbatasannya pada file .COM hanya cocok untuk para pengguna pemula dgn volume program berkisar 5000 hingga 6000 baris instruksi.

bersambung............

1 komentar: